Sabtu, 27 Februari 2016

Kunjuangan IESC FE UII ke OJK DIY

 


Hari Jum’at tanggal 26 februari 2016 islamic Economic Study Club ( IESC) Fakultas Ekonomi UII mengadakan kunjungan ke  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY. Sebanyak 17 mahasiswa  yang tergabung dalam IESC langsung mendatangi kantor OJK DIY  Jl. Ipda Tut Harsono (Timoho) No.12 Yogyakarta. Kedatangan rombongan IESC disambut hangat oleh semua pegawai disana khususnya Bu Probo Sukesi selaku Deputi OJK Yogyakarta sekaligus Pemateri pada acara diskusi terkait dengan Lembaga keuangan mikro syariah.
Bu Probo Sukesi didampingi oleh Bu Esti Binukaningsih (Kasubag Pengawasan Bank 1 dan 2) banyak menyampaikan hal hal penting mengenai LKM, seperti mekanisme perizinan dan pengukuhan LKM. Tetapi  hal yang tidak kalah pentingnya adalah Realita  tentang minimnya LKM yang ada di Indonesia .
 “Sejauh ini baru 16 LKM  yang terdaftar di OJK,  itu dalam lingkup Indonesia, dan di Yogyakarta belum ada yang mendaftar sebagai LKM “ ungkapnya. Lebih lanjut bu Probo juga  menjelaskan  salah satu penyebab  dari masalah tersebut adalah adanya ketakutan masyarakat untuk diperiksa oleh OJK ,tidak hanya itu tetapi juga terkendala oleh akte pendirian yang disahkan oleh badan hukum.
            “ Menyikapi masalah itu kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang LKM ,tidak hanya itu kami juga sudah banyak memberi kemudahan kepada masyarakat  mengenai ketentuan  pendaftaran  LKM itu sendiri” lanjutnya.
            Kemudian Bu Esti menyampaikan mengenai LKM syariah ,beliau mengatakan LKM syariah tidak jauh  dari LKM biasa tapi yang membedakan adalah harus ada Dewan pengawas Syariah (DPS) di dalam LKM Syariah.
Yang menarik dalam diskusi tersebut adalah disinggungnya mengenai perkembangan perbankan syariah yang menurun dikarenakan masih kurangnya  kesadaran masyarakat untuk menggunakan perbankan syariah karena mereka beranggapan bahwa bank syariah dan konvensional itu sama.  Selain itu masalah SDM yang kurang berkompeten dalam bidang syariah juga  sangat mempengaruhi . Menyikapi hal tersebut   bahwa sekarang BI dan OJK sedang mengkaji lebih dalam tentang masalah perbankan syariah dan harapannya kepada mahasiwa khususnya yang berada dibidang syariah  untuk  ikut berkontribusi dalam meningkatkan perkembangan ekonomi syariah.

(Kementerian Luar Organisasi _ Dara)



 



1 komentar:

  1. semoga ini menjadi pemula yang baik dalam menjalin kerjasama antara IESC dan OJK DIY dalam mamajukan Keuangan Islam dan Perbankan Islam. Salam Ekonom Rabbani!!!!!

    BalasHapus